Mengenal Labia Mayora, Bibir Pelindung Area Kewanitaan

Melakukan Pendaftaran Akun Permainan Slot



Labia mayora berperan untuk pelindung penting organ reproduksi wanita Sepasang "bibir" yang berada di vagina – semakin persisnya vulva – disebutkan dengan labia mayora. Disebutkan "bibir" sebetulnya tidak cuma sebab memiliki bentuk saja, tetapi mengulik makna "labia" dari bahasa Latin memang bermakna bibir, sesaat "mayora" bermakna besar.

Ruang tempat tumbuhnya rambut kemaluan ini berperan membuat perlindungan sisi dalam vulva yang semakin lembut serta peka. 

[[artikel-terkait]]

Peranan labia mayoraLabia mayora berupa kulit memanjang dari sisi depan vulva sampai belakang dekat anus. Pada labia mayora, ada jaringan adiposa atau lemak yang membuat fleksibel. Untuk pelindung vulva sisi dalam, itu kenapa rambut kemaluan tumbuh di labia mayora hingga terlepas dari gesekan serta desakan.

Sama dengan skrotum pada pria, labia mayora berperan untuk pelindung penting organ reproduksi wanita. Disamping itu, labia mayora memiliki kandungan keringat serta kelenjar minyak yang bisa melubrikasi ruang sekelilingnya. 

Permasalahan yang penting diwaspadaiSama seperti sisi organ reproduksi wanita yang lain, labia mayora dapat juga alami beberapa permasalahan. Tanda-tanda awal yang ada umumnya labia mayora berasa gatal, ngilu, serta keluarkan cairan keputihan yang tidak biasa.

Permasalahan sekitar labia mayora salah satunya:

Folikulitis

Folikel rambut dapat alami radang karena infeksi bakteri, disebutkan folikulitis. Bentuk folikulitis seperti seperti jerawat di kulit. Pada labia mayora, folikulitis dapat berlangsung saat ada susunan kulit yang rusak waktu mencukur rambut kemaluan. Disamping itu, gesekan dengan baju yang begitu ketat rawan mengakibatkan folikulitis.

Itu kenapa dianjurkan tidak gunakan celana dalam waktu tidur agar memberikan waktu buat kulit seperti labia mayora untuk bernapas. Tanda-tanda folikulitis ialah kulit kemerahan, ngilu, serta dapat ada nanah.

Herpes genital

Penyakit menyebar seksual herpes genital dapat juga berlangsung di labia mayora. Tanda-tandanya ialah ada cedera melepuh di bibir vagina. Penderitanya akan merasai ngilu waktu buang air kecil dan keluarnya keputihan dengan warna serta berbau yang tidak biasa.

Kutil kelamin

Tanda-tanda kutil kelamin ialah timbulnya tonjolan kecil di seputar kelamin, tidak kecuali labia mayora. Kutil kelamin dikarenakan oleh virus HPV. Penderitanya akan berasa tidak nyaman sebab sensasi gatal terus-terusan.

Vulvovaginitis

Vagina serta vulva dapat alami infeksi karena infeksi bakteri, yakni vulvovaginitis. Disamping itu, vulvovaginitis dapat juga berlangsung sebab virus, wajahit, iritasi, atau penyakit menyebar seksual.

Tanda-tanda yang lain ialah ada keputihan dengan berbau serta warna tidak normal, ngilu, serta gatal di labia mayora.
Hipertrofi labia

Situasi ini berlangsung jika salah satunya labia semakin besar dari yang semestinya. Walau tidak beresiko, situasi ini dapat membuat usaha bersihkan labia mayora bertambah lebih susah. Disamping itu, walau ini bukanlah permasalahan klinis tetapi perlu dijaga supaya tidak ada iritasi sebab gesekan.

Kista Bartholin

Kelenjar Bartholin terdapat di tiap bagian vagina. Jika ada sumbatan karena minyak atau keringat, karena itu dapat tercipta kista. Makin kronis jika kista terkena bakteri hingga harus diatasi dengan mengonsumsi atau salep antibiotik.

Psoriasis

Psoriasis berlangsung saat beberapa sel kulit tumbuh dengan tidak normal hingga menyebabkan penimbunan kulit. Psoriasis dapat berlangsung di labia mayora. Tanda-tandanya ialah kulit menebal, sensasi gatal, kemerahan, serta dapat semakin makin tambah meluas sampai ke anus. 

Masih ada banyak permasalahan yang rawan berlangsung di seputar labia mayora. Saat merasai tanda-tanda yang tidak nyaman, seharusnya Anda selekasnya memeriksa diri untuk tahu pemicunya. 

Bila didiamkan, permasalahan pada ruang labia mayora dapat berefek pada skema reproduksi. Karena itu, tetap utamakan kebersihan labia mayora serta sisi organ kewanitaan yang lain.

Bentuk-bentuk serta ukuran labia mayoraBibir vagina atau labia mayora mempunyai bermacam bentuk yang berlainan. Beberapa bentuk di bawah ini adalah bentuk yang umum dipunyai beberapa wanita di dunia.

Asymmetrical Inner Lips. Bentuk ini adalah tipe yang mempunyai labia minora semakin panjang, tebal, serta besar dari bentuk yang lain. Sebab ukuran di antara labia mayora serta minora yang sama, karena itu tipe ini disebutkan asimetris.

Curved outer lips. Labia mayora satu ini berupa lubang vagina yang semakin lebar sisi atasnya hingga menunjukkan sisi labia minora. Memiliki bentuk seperti tapal kuda.

Prominent inner lips. Bentuk yang ini memperlihatkan labia minora semakin panjang serta mencolok dari sang labia mayora. Tetapi, ketidaksamaan panjangnya tidak menonjol.

Prominent outer lips. Kebalikan dari bentuk awalnya, bentuk satu ini mempunyai labia mayora yang semakin mencolok serta rendah dari vulva.

Long dangling inner lips. Berupa bibir vagina sisi dalam yang mencolok.

Long dangling outer lips. Berupa bibir luar vagina yang semakin mencolok

Small open lips. Berupa labia mayora rata dan sama-sama melekat pada tulang kemaluan.

Small closed lips. Labia mayora berkesan benar-benar rapat serta tertutup.

Visible inner lips. Berupa bibir sisi dalam yang tidak nampak sebab menggantung dibagian lipatan luarnya.

Bagaimana mempertahankan kesehatan labia mayora?Ruang vulva serta vagina termasuk juga anggota badan yang rawan pada keadaan lembap, karena itu perlu dijaga benar kebersihannya. Cara-cara mempertahankan kesehatan labia mayora ialah:

Tidak menggunakan celana dalam atau celana yang begitu ketat

Menggunakan baju dalam dengan bahan menghisap keringat

Tidak dianjurkan menggunakan sabun pencuci kewanitaan sebab bisa mengganggu pH alami. Bersihkan cukup dengan air mengalir biasa.

Tetap keringkan vulva selesai membasuhnya sebelum menggunakan celana dalam kembali lagi

Bila mencukur rambut kemaluan atau brazilian waxing, tekankan betul-betul higienis

Badan tiap individu unik, oleh karenanya kenali sisi yang sangat "terselinap" sekalinya, seperti labia mayora. Tidak perlu malu menyisihkan waktu sesaat untuk lihat semacam apa bentuk labia mayora Anda, hingga dapat tahu bila ada permasalahan atau saat ada ketidaksamaan yang ada.

Menjaga kebersihan labia mayora, baik dengan menjaga diri kita atau siaga waktu memakai sarana publik seperti toilet umum. Sediakan tisu atau toilet sanitizer untuk menolong mensterilkan ruang yang alami contact langsung dengan ruang seputar vulva.

Diberdayakan oleh Blogger.