9 Penyebab dan Cara Menangani Vagina yang Membengkak





Vagina lebam dapat mengakibatkan merasa tidak nyaman, tapi sebetulnya tak perlu dicemaskan Vagina lebam bisa berlangsung pada tiap wanita di tenggang umur berapa saja. Situasi ini bisa dikarenakan oleh beberapa hal.

Walau bisa mengakibatkan merasa tidak nyaman, situasi vagina lebam sebetulnya tidak perlu dicemaskan serta dapat ditangani dengan perawatan yang mudah. Namun, penting untuk ketahui pemicunya hingga Anda dapat memperoleh perlakuan yang pas.

Beberapa pemicu vagina lebam yang penting diwaspadaiBanyak orang memikir vagina lebam dikarenakan oleh infeksi jamur. Walau sebenarnya pemicu vagina lebam bisa berlangsung sebab beberapa hal, seperti alergi, kehamilan, sampai kesibukan seksual yang begitu kasar.

Berikut beberapa pemicu vagina lebam yang pantas dicermati.

1. AlergiSalah satu pemicu vagina lebam ialah reaksi alergi. Ya, tanpa ada diakui, ada beberapa produk perawatan kewanitaan serta alat pribadi yang rupanya dapat jadi salah satunya pemicu vagina membesar. Situasi itu mungkin berlangsung sebab vagina adalah ruang badan yang cukup peka.

Beberapa produk yang beresiko membuat vagina lebam, diantaranya sabun, pelumas, sabun vagina, cream vagina, pembalut, kondom, sampai alat kontrasepsi. Bengkak pada vagina dapat berlangsung karena proses dari pemakaian salah satunya produk itu. 

Oleh karena itu, jika Anda alami pertanda alergi pada vagina seharusnya selekasnya hentikan pemakaian produk perawatan itu. Untuk lebih detilnya, Anda juga dapat konsultasi sama dokter buat pastikan pemicu alergi.

2. IritasiVagina lebam dapat juga dikarenakan oleh reaksi iritasi. Biasanya, reaksi iritasi dikarenakan oleh pemakaian produk yang memiliki kandungan bahan kimia didalamnya. Contohnya, tisu toilet, sabun mandi, minyak wangi, atau deterjen.

Pemakaian celana dalam yang begitu ketat atau dibuat berbahan spesifik, seperti lace (renda) atau polyester, dapat juga mengakibatkan ruang vagina jadi iritasi. Mengakibatkan, hal itu bisa berbuntut pada situasi bengkak pada vagina.

Kadang tipe celana dalam yang lain, seperti thong atau G-string, dapat juga menyebabkan iritasi. Masalahnya pemakaian thong atau G-string tidak bisa tutupi ruang bibir vagina (labia) seutuhnya hingga dapat memunculkan gesekan pada ruang vagina. Bila dilaksanakan terus-terusan, bukan mustahil hal itu dapat mengakibatkan vagina membesar.

3. Kesibukan seksual yang begitu kasar
Sex yang begitu kasar dapat membuat vagina membesarHubungan sex dengan pasangan rupanya dapat membuat vagina membesar. Umumnya situasi ini bisa berlangsung waktu vagina begitu kering atau kurang pelumas. Gesekan yang begitu keras serta dilaksanakan lumayan lama dapat membuat vagina Anda alami bengkak.

Bukan hanya itu, sex yang begitu kasar beresiko membuat kulit sisi dalam vagina robek. Bila didiamkan, robekan itu bisa jadi pintu masuk buat penyakit kelamin.

Bila Anda alami vagina lebam karena sex yang begitu kasar, seharusnya kerjakan semakin banyak foreplay sebelum mengawali jalinan intim atau tetap pakai pelumas buat meminimalisir efek berlangsungnya gesekan pada alat kelamin.

Tetapi, semakin lebih baik Anda memeriksa diri ke dokter untuk dicheck selanjutnya. Dokter umumnya akan memberi obat penurun ngilu, seperti ibuprofen, buat menurunkan rasa ngilu karena vagina lebam.

4. Kehamilan
Kehamilan bisa mengakibatkan Anda rawan alami vagina lebamJika Anda sedang hamil serta mengetahui vagina jadi lebam, tidak perlu cemas. Masalahnya desakan pada panggul sebab kehadiran janin di perut bisa tingkatkan saluran darah ke sisi bawah badan, termasuk juga vagina.

Situasi itu yang membuat ibu hamil rawan alami vagina membesar hingga Anda kemungkinan berasa ngilu serta tidak nyaman.

Vagina lebam waktu hamil bisa hilang sendirinya waktu Anda melahirkan. Tetapi, untuk memudahkannya, Anda dapat berbaring dengan meninggikan kaki hingga cairan serta darah tidak bergabung dibagian bawah badan, termasuk juga vagina.

Jika situasi ini dibarengi dengan tanda-tanda yang lain, seharusnya tanyakan sama dokter muatan Anda.

5. Infeksi jamurSalah satu tanda-tanda infeksi jamur vagina ialah bengkak. Situasi ini umumnya dikarenakan oleh jamur Candida albicans. Kecuali bengkak, infeksi jamur vagina umumnya memunculkan beberapa tanda-tanda, misalnya: 

Manfaat Bermain Judi Bola Online Di Bandar KING88BET

Rasa perih

Sakit waktu buang air kecil

Sakit waktu lakukan hubungan seks

Kemerahan pada vagina

Keputihan yang menggumpal serta bau tidak enak

Bila Anda alami infeksi jamur, seharusnya selekasnya tanyakan sama dokter buat memperoleh penyembuhan yang pas. Umumnya dokter akan memberi resep beberapa obat, termasuk juga obat penurun ngilu serta obat antijamur.

6. Vaginosis bakteri

Perkembangan bakteri jahat yang berlebihan di vagina dapat mengakibatkan situasi vaginosis bakteri atau infeksi bakteri vagina. Situasi ini biasanya memunculkan bengkak, rasa gatal, rasa sensasi terbakar, sampai cairan berwarna keabuan dengan berbau busuk yang menusuk.

Beberapa masalah vaginosis bakteri bisa pulih sendirinya. Namun, buat menolong mengembalikan situasi, umumnya dokter akan memberi resep antibiotik serta beberapa obat antibakteri. Beberapa obat itu ada yang dikonsumsi dengan cara oral serta ada yang dioles-oleskan ke ruang vagina Anda.

Disamping itu, Anda juga dianjurkan untuk selalu jaga kebersihan vagina dengan cara teratur.

7. ServisitisServisitis ialah situasi waktu leher rahim alami infeksi. Biasanya servisitis muncul untuk akibatnya karena penyakit infeksi menyebar seksual. Walau begitu, tidak kesemua orang yang alami servisitis mempunyai kisah penyakit infeksi menyebar seksual.

Beberapa macam penyakit menyebar seksual yang umumnya mengakibatkan servisitis ialah klamidia, gonore, serta trickomoniasis.

Kecuali memunculkan bengkak pada vagina, situasi ini umumnya mengakibatkan ngilu panggul, keputihan yang tidak normal, perdarahan waktu menstruasi, serta rasa ngilu waktu berhubungan seks.

Oleh karenanya, buat Anda yang merasai beberapa tanda-tanda itu, seharusnya selekasnya tanyakan sama dokter.

8. KistaKista bartholin serta aliran Gartner ialah pemicu vagina lebam yang lain.

Kista bartholin ialah tipe kista yang ada pada kelenjar bartholin serta terdapat di ke-2 bagian bawah lubang vagina. Kadang, kelenjar ini bisa alami infeksi yang berisi nanah serta membuat abses.

Kecuali vagina yang membesar, kista bartholin bisa memunculkan tanda-tanda yang lain, seperti berasa ngilu, rasa sensasi terbakar, sampai perdarahan. 

Disamping itu, kista dapat tumbuh di aliran Gartner, yaitu aliran yang tercipta pada janin saat organ aliran kemih serta seksualnya bertumbuh. Jaringan tersisa yang melekat serta tidak hilang sesudah melahirkan pada dinding vagina berikut yang bisa bertumbuh jadi kista.

Walau tidak beresiko, ke-2 kista itu bisa memunculkan permasalahan saat tumbuh serta alami infeksi.

Untuk menanganinya, Anda bisa konsultasi sama dokter buat lakukan kontrol selanjutnya.

Bila kista bartholin memiliki ukuran kecil, umumnya bisa hilang sendirinya. Mandi dengan air hangat serta minum obat penurun ngilu bisa menolong menurunkan rasa ngilu serta bengkak.

Tetapi, pada masalah yang kronis, kista bartholin bisa diatasi dengan bertindak pembedahan kecil untuk keluarkan nanah. Sesudah mekanisme, cedera akan dibikin bersih serta ditutup. Hal yang juga sama dilaksanakan pada tipe kista Gartner.

9. Herpes genital
Herpes genital dapat mengakibatkan vagina membesarVagina lebam dapat dikarenakan oleh situasi herpes genital atau diketahui juga dengan herpes simplex. Herpes genital bisa memunculkan tanda-tanda, seperti cedera lepuh kecil di ruang vagina. Cedera lepuh kecil bisa pecah serta memunculkan rasakan sakit yang teramat benar-benar.

Kecuali bengkak pada vagina, herpes genital dapat mengakibatkan rasa ngilu serta beberapa ruang badan berasa sakit karena itu.

Sampai sekarang ini belumlah ada pilihan penyembuhan yang pas untuk menyembuhkan herpes genital, tapi obat resep dokter bisa menolong menurunkan tanda-tanda penyakit.

Kapan harus memeriksa diri ke dokter?Bengkak pada vagina sebetulnya bukan situasi yang penting dicemaskan. Tetapi, Sebaiknya anda perlu memeriksa diri ke dokter jika:

Alami tanda-tanda lain yang menyertainya, seperti panas atau demam dingin

Bengkak pada vagina berasa menyakitkan

Tanda-tanda vagina membesar berjalan lebih dari satu minggu
Diberdayakan oleh Blogger.