Tak Usah Segan Cari Tahu Penyebab Mandul, Lakukan Penanganan yang Tepat





Untuk pasangan yang sedang berencana punyai anak, penting untuk mencari pemicu mandul Kemandulan atau beberapa hal sekitar disfungsi seksual seringkali tetap jadi hal tabu diulas. Walau sebenarnya, bila diketahui pemicu mandul pada wanita, dapat dijelajahi apa cara perlakuannya. Ini dapat dipacu unsur fisik atau psikologis.

Baik wanita atau lelaki dapat alami impotensi atau permasalahan disfungsi seksual. Permasalahan ini dapat berlangsung sesaat atau dalam periode panjang. Pemicu mandul juga dapat bermacam.

[[artikel-terkait]]

Apa pemicu mandul?Kehidupan sex yang sehat tergantung pada banyak unsur, baik itu situasi kesehatan, mengonsumsi obat spesifik, pasangan, hormon, serta banyak. Banyak hal sebagai pemicu mandul salah satunya:

Permasalahan kesehatan

Situasi kesehatan spesifik dapat mengakibatkan disfungsi seksual pada wanita. Beberapa penyakit seperti diabetes, jantung, kanker, sklerosis, serta artritis dapat menyebabkan kompleksitas berbentuk berkurangnya peranan seksual. 

Mengonsumsi obat spesifik

Wanita yang konsumsi obat spesifik dalam periode panjang dapat juga alami pengurangan peranan seksual serta kemandulan. Beberapa efek ada di pasien yang konsumsi obat penurun tekanan darah atau stres.
Mengonsumsi alkohol terlalu berlebih

Pemicu mandul lain ialah mengonsumsi alkohol terlalu berlebih. Bila didiamkan, mengonsumsi alkohol berlebihan bisa mengganggu peranan organ dalam termasuk juga kualitas kehidupan seksual.

Endometriosis

Endometriosis ialah tumbuhnya jaringan endometrium atau dinding rahim di luar tempat semestinya. Bila jaringan ini tumbuh di ovarium karena itu kelamaan bisa bertumbuh jadi kista, jaringan parut serta lengket dengan jaringan sekelilingnya. Ini akan mengganggu kesuburan seorang wanita.

Situasi rahim

Beberapa situasi rahim seperti rahim terbalik atau retro dapat juga jadi pemicu mandul. Meskipun begitu, bukan bermakna situasi ini tidak dapat diperbarui. Infeksi rahim atau endometritis dapat juga punya pengaruh pada peranan organ reproduksi.

Operasi awalnya

Seorang yang sempat jalani operasi terkait dengan tulang panggul atau ruang kewanitaan dapat alami luka atau cedera. Saat ini berlangsung, ada peluang saluran darah jadi tidak lancar sampai kerusakan saraf di seputar ruang reproduksi. Ini dapat juga jadi pemicu mandul.

Hormon tidak setimbang

Berkurangnya hormon estrogen dengan cara mencolok seperti waktu menopause dapat mengakibatkan hubungan seks berasa menganiaya sebab situasi vagina yang kering. Ini dapat berlangsung dengan alamiah baik sebab umur atau unsur klinis yang mengakibatkan hormon tidak setimbang.

Masalah psikologis

Ada masalah psikologis seperti depresi, kuatir berlebihan, stres, trauma seksual waktu dulu dapat juga menyebabkan seorang individu tidak dapat nikmati hubungan seks, ditambah lagi mengusahakan mempunyai turunan. Ketakutan atau situasi belum siap hamil dapat punya pengaruh pada situasi ini.

Bagaimana menanganinya?Permasalahan disfungsi seksual dapat berjalan dalam periode panjang atau cuma sesaat. Contoh permasalahan yang sesaat ialah situasi pengurangan peranan seksual saat selesai melahirkan. 

Tetapi bila permasalahan berkaitan pemicu mandul berlangsung terus-terusan, waktunya cari tahu apa yang perlu dilaksanakan untuk mengatasinya, misalnya: 

Pemberian konseling, pendidikan, komunikasi untuk permasalahan berkaitan depresi atau jalinan dengan pasangan

Pemberian therapy estrogen bila pemicu mandul ialah hormon yang tidak setimbang

Jalani pola hidup sehat serta batasi mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi obat antidepresi bila dibutuhkan atas referensi dari dokter

Ada banyak riset berkaitan penyembuhan untuk kemandulan, tetapi yang penting ialah jangan enggan membahasnya dengan pasangan serta dokter. Melalui analisis organ reproduksi wanita, dapat diketahui akar permasalahannya sekaligus juga cari tahu apakah yang dapat dilaksanakan untuk mengatasinya. 

Tetapi bila permasalahan kemandulan terkait dengan faktor psikologis, ajak pasangan bersama cari langkah untuk menanganinya. Usaha mempunyai turunan sepanjang tahun dapat membuat frustrasi, tetapi transparansi serta sama-sama memberikan semangat dengan pasangan dapat membuat semakin gampang.

Diberdayakan oleh Blogger.